Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bank Dunia Apresiasi Kebijakan Pengalihan Subsidi ke Infrastruktur

Jakarta, 23/03/2016 Kemenkeu - Tahun 2015 menjadi tahun yang berat bagi hamper seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Di sisi lain, tahun 2015 sekaligus juga menjadi tahun yang luar biasa karena adanya perbaikan pada komposisi belanja negara. Menurut Lead Economist Bank Dunia Indonesia Ndiame Diop, ini didukung oleh pengalihan subsidi energi kepada infrastruktur, kesehaan dan perlindungan sosial.


“Kita melihat perbaikan dramatis pada komposisi belanja negara dari subsidi enegeri ke investasi inrastruktur, kesehatan dan perlindungan sosial,” kata Diop, seperti dikutip melalui laman Bank Dunia, pada Rabu (23/03). Karena perbaikan pada komposisi belanja tersebut, investasi infrastruktur naik secara signisikan di paruh kedua tahun 2015, dan membantu Indonesia melewati titik fase pertumbuhan paling lambat di 2015.


Diop mengingatkan bahwa Indonesia harus berusaha untuk menjaga reformasi yang tengah berjalan dengan sebaik-baiknya, karena ini berpengaruh terhadap penciptaan lapangan kerja. “Perlambatan telah berdampak pada pasar tenaga kerja, jadi sangat penting menjaga reformasi tetap berjalan agar kita bisa mendapatkan tingkat pertumbuhan yang membantu Indonesia menyelesaikan berbagai masalah sosial,” jelasnya. (as)