Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bank Dunia Apresiasi Kebijakan RI Hadapi Gejolak Global



Jakarta, 17/12/2013 MoF (Fiscal) News - Sepanjang tahun 2013, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengambil berbagai langkah dan paket kebijakan dalam rangka memperkuat stabilitas makro jangka pendek serta penyesuaian kebijakan moneter dan nilai tukar rupiah.

Secara umum, penyesuaian kurs tukar dan kebijakan moneter yang dilaksanakan Indonesia pada tahun 2013 membawa pengaruh positif bagi stabilitas ekonomi makro dengan depresiasi rupiah yang berfungsi sebagai ‘peredam kejut’ melemahnya perdagangan global. Hal tersebut disampaikan Ekonom Utama Bank Dunia untuk Indonesia Ndiame Diop dalam acara peluncuran Laporan Perkembangan Triwulanan Perekonomian Indonesia di Jakarta pada Senin (16/12).

Oleh karena itu, ia berharap Indonesia dapat melakukan hal serupa pada tahun 2014 mendatang. “Indonesia dalam memasuki tahun 2014 akan mempunyai kerangka kebijakan benar-benar dipengaruhi berbagai faktor, mengingat tahun depan merupakan tahun politik. Kebijakan ekonomi perlu dukungan publik untuk arahkan ekonomi ke arah yang tepat,” ungkap Diop. Ia menambahkan, pada tahun 2014 Indonesia perlu mengambil kebijakan yang tepat dalam rangka mendukung perekonomian Indonesia.

Selain itu, menurut Bank Dunia, indikator perekonomian Indonesia juga perlu diperbaiki, khususnya yang terkait dengan current account deficit.  "Ini (current account deficit) penting untuk diredam, karena akan menjadi penopang laju perekonomian Indonesia di tahun 2014,” pungkasnya.(ak)