Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bank Dunia Apresiasi Perubahan Positif pada Birokrasi Indonesia

Jakarta, 29/10/2015 Kemenkeu - Penggunaan sistem online (daring) bagi berbagai pelayanan birokrasi yang mulai digencarkan oleh pemerintah, ternyata menarik perhatian Grup Bank Dunia. Dalam Laporan Doing Business terbaru yang dikeluarkan oleh Bank Dunia, Indonesia masuk dalam daftar negara-negara yang melakukan perubahan dengan mengurangi keruwetan peraturan dan biaya.


Dalam laporan tersebut, Indonesia diapresiasi karena memperkenalkan sistem elektronik atau sistem online untuk berbagai pelayanan masyarakat, misalnya untuk pengisian dan pembayaran iuran jaminan sosial. Selain itu, ada pemotongan dalam prosedur registrasi pajak, jaminan sosial atau perijinan sehingga menjadi lebih mudah.


Kemudahan untuk membuka usaha di Jakarta juga menjadi catatan positif tersendiri. Menurut laporan ini, proses memulai usaha di Jakarta dipermudah dengan pengurangan waktu yang dibutuhkan untuk mendaftar kepada Kementerian Tenaga Kerja. Selain itu, Indonesia dianggap telah meningkatkan akses kepada pinjaman dengan memungkinkan pencarian status pendaftaran agunan dengan menggunakan nama debitur. (as)