Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bank Dunia Apresiasi Upaya Pemerintah Indonesia Jaga Ekonominya

Jakarta, 26/10/2015 Kemenkeu - Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan untuk menjaga perekonomi Indonesia. Upaya-upaya tersebut misalnya pemberian stimulus, reformasi kebijakan dan peningkatan kualitas belanja negara. Menurut laporan terbaru Bank Dunia Indonesia Economic Quarterly, upaya-upaya ini dapat membantu Indonesia ke depannya.


Untuk belanja, misalnya, implementasi belanja modal pemerintah sudah naik lebih cepat di triwulan ketiga yang diperkirakan naik 21,4 persen secara riil selama sembilan bulan pertama tahun 2015, dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Belanja pemerintah ini diharapkan akan menunjang investasi tetap dan pertumbuhan.


“Indonesia menghadapi kendala sama dengan negara tetangga, akibat upaya Tiongkok menuju economic rebalancing dan persiapan normalisasi kebijakan moneter Amerika Serikat. Tapi pertumbuhan di Indonesia tetap  lebih baik dibandingkan negara pengekspor komoditas yang lain, dan tanggapan kebijakan pemerintah pro-aktif. Implementasi yang baik upaya reformasi ini bisa memperkuat kepercayaan investor,” kata Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia Rodrigo Chaves, seperti dilansir melalui keterangan pers Bank Dunia pada Senin (26/15).


Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia untuk 2015 diperkirakan tetap pada angka 4,7%. Pertumbuhan diharapkan sedikit meningkat menjadi 5,3% di tahun depan, yang mencerminkan kondisi eksternal yang membaik dan belanja modal negara yang lebih tinggi.


Namun proyeksi ini disertai risiko, seperti kemungkinan naiknya suku bunga Amerika Serikat, pelambatan di negara-negara mitra dagang seperti Tiongkok, pelemahan di sektor swasta akibat depresiasi nilai tukar dan berkurangnya marjin keuntungan, serta kemarau akibat pola cuaca El Nino. (as)