Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bank Dunia: Asia Timur dan Pasifik Mesin Pertumbuhan Ekonomi Dunia 2015

Jakarta, 06/10/2015 Kemenkeu - Bank Dunia memperkirakan, Asia Timur dan Pasifik akan tetap menjadi salah satu mesin pertumbuhan utama perekonomian dunia, di mana hampir dua perlima dari pertumbuhan ekonomi global berasal dari kawasan ini.

Menurut laporan terbaru Bank Dunia, East Asia Pacific Economic Update yang diluncurkan Senin (5/10), secara keseluruhan, kawasan Asia Timur dan Pasifik diharapkan tumbuh 6,5 persen pada 2015, atau sedikit mengalami penurunan dibanding tahun lalu yang sebesar 6,8 persen.

“Pertumbuhan negara-negara berkembang Asia Timur dan Pasifik diperkirakan tetap solid, namun melihat adanya tren pelambatan maka para pembuat kebijakan diharapkan tetap fokus pada reformasi struktural yang berdasarkan pembangunan yang berkelanjutan, jangka panjang dan inklusif,” urai Wakil Presiden Bank Dunia untuk Asia Timur dan Pasifik Axel van Trotsenburg dalam keterangan resminya pada Senin (5/10).

Reformasi yang diperlukan tersebut, lanjutnya, termasuk perbaikan kebijakan pada keuangan, ketenagakerjaan dan pasar produk, seperti halnya perbaikan transparansi dan akuntabilitas. “Kebijakan-kebijakan ini akan meyakinkan investor dan pasar, dan membantu mempertahankan pertumbuhan yang dapat mempercepat pengentasan dari kemiskinan,” katanya.

Laporan East Asia Pacific Economic Update berfokus pada tantangan situasi global yang dihadapi oleh kawasan. Menurut laporan tersebut, pemulihan ekonomi negara-negara maju berlangsung bertahap; perdagangan global berkembang, tetapi dengan kecepatan paling rendah sejak 2009, dan tren pelambatan semakin meluas  di negara-negara berkembang, khususnya negara produsen komoditas karena pelemahan harga komoditas.(nv)