Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bank Dunia Dukung Kebijakan Pemerintah Terkait Pengalihan Subsidi BBM

Jakarta, 02/07/2013 MoF (Fiscal) News – Bank Dunia menilai Indonesia telah merespon berbagai perkembangan ekonomi internasional dan domestik dengan menyesuaikan beberapa kebijakan, khususnya pengurangan subsidi Bahan Bakar Minyak yang telah lama direncanakan disertai sebuah paket kompensasi yang komprehensif. Demikian disampaikan Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia Ndiame Diop saat peluncuran laporan triwulanan yang terbaru atas kinerja perekonomian Indonesia oleh Bank Dunia (World Bank), Selasa (2/7) di Jakarta.

Pihaknya mengatakan, kebijakan harga BBM bersubisidi tersebut merupakan reformasi besar yang dilakukan pemerintah Indonesia. Pengalihan subsidi premium dan solar sebesar Rp42 triliun tahun ini kepada belanja program bantuan sosial, termasuk Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM), dapat mendorong pengentasan kemiskinan pada 2014. Oleh karenaya, lanjut Diop, Bank Dunia memberi dukungan penuh terhadap kebijakan harga BBM bersubsidi.

Bank dunia juga menekankan pentingnya pelaksaan program P4S (Program Percepatan dan Perluasan Perlindungan Sosial) dapat berjalan dengan sebaik baiknya oleh pemerintah indonesia. APBN-P 2013 yang baru saja disahkan, lanjut Diop, juga dinilai lebih sehat dan prudent. "Namun demikian, pemerintah diminta untuk tetap responsif dan terus mencermati berbagai perkembangan perekonomian global yang masih belum menentu," jelasnya. (ak)