Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bank Dunia Koreksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Menkeu Optimis Sesuai Target

Jakarta, 03/07/2013 MoF (Fiscal) News – Menteri Keuangan M. Chatib Basri mengaku masih optimistis pertumbuhan ekonomi Indonesia sesuai dengan target APBN-P 2013 sebesar 6,3 persen. Meskipun Bank Dunia, menurunkan proyeksinya dari 6,2 persen menjadi 5,9 persen.

Menkeu berpendapat, penurunan proyeksi Bank Dunia tersebut dilakukan berdasarkan kondisi global saat ini. Krisis ekonomi dunia yang masih belum menunjukan perbaikan yang berarti menjadi dasar dilakukannya koreksi.

"Kecenderungannya saya bilang, mereka revisi ke 5,9 persen karena efek globalnya dan PMTB mengalami penurunan," ujar Menkeu di kantornya, Jakarta, Selasa (2/7).

Namun demikian, pemerintah menurutnya, tidak pesimistis menanggapi hal tersebut. Meskipun berat, dengan kerja keras pemerintah target tersebut dapat dicapai. "Pemerintah harus ekstra effort mengejar target yang ada. Saya kira memang tidak mudah 6,3 persen, tapi kita ekstra effort untuk itu," tuturnya.

Laju inflasi, menurut Menkeu, meskipun mengalami tekanan setelah kebijakan penyesuaian harga BBM bersubsidi dilakukan, masih dapat dikendalikan. Dampak inflasi dari kebijakan tersebut hanya sementara. "Kalau inflasi masih bisa percaya bahwa kalau nanti yang soal pangan, distribusinya dijaga maka setelah lebaran ada deflasi. Rangenya kita coba 7,2 persen," ungkapnya. (rja)