Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bank Dunia: Pertumbuhan Indonesia Meningkat Sangat Baik

Jakarta, 15/06/2017 Kemenkeu - Indonesia menunjukkan perkembangan pertumbuhan ekonomi yang sangat baik pada tahun 2017. Hal itu dipaparkan pada laporan terbaru Bank Dunia “Indonesia Economic Quarterly: Upgraded”. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa laporan ini mendeskripsikan dengan sangat baik apa yang telah dicapai, dan perlu ditingkatkan oleh Pemerintah Indonesia.


"Laporan ini menyampaikan tone positif terhadap perkembangan Indonesia.Ini adalah balance report yang dapat dijadikan sebagai good evidence-based, terutama bagi pembuat keputusan untuk merespon dan mereformulasikan kembali kebijakan kami di masa depan," ungkap Menkeu saat menyampaikan keynote speech-nya di Launching The World Bank's Indonesia Economic Quarterly di Energy Building, Kamis (15/06).


Di kesempatan yang sama, Duta Besar Australia Paul Grigson sempat menyampaikan bahwa Indonesia harus memperhatikan mengenai masalah early childhood development serta masalah air dan sanitasi. Menanggapi hal tersebut, Menkeu memaparkan bahwa saat ini Pemerintah Indonesia fokus pada upaya meningkatkan kualitas belanja, terutama untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia. Selain itu, pemerintah juga telah menyiapkan anggaran transfer ke daerah dan dana desa, yang diharapkan dapat mendorong pemerintah daerah untuk mengatasi permasalahan yang ada, termasuk sanitasi.


"Kebijakan belanja pemerintah benar-benar terkait dengan bagaimana kita akan menginvestasikan lebih pada peningkatan sumber daya manusia. Dan itulah mengapa pendidikan dan kesehatan itu penting. Komitmen belanja untuk pendidikan, kesehatan, dan jaring pengaman sosial sebenarnya cukup luar biasa. Hampir sepertiga dari total pengeluaran pemerintah," tambahnya.


Selain itu, Menkeu juga menegaskan pentingnya fungsi kebijakan fiskal untuk menstabilkan ekonomi, dan menjadi bagian dari pertumbuhan. "Kami, Indonesia ingin seperti negara-negara lain yang mampu menjalankan dan mengatur pemerintahan dengan baik melalui kebijakan fiskal yang baik," pungkas Menkeu. (mra/as)