Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,1 Persen Tahun Ini

Jakarta, 14/04/2016 Kemenkeu - Bank Dunia memprediksi laju pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Timur dan Pasifik akan berada di kisaran 6,3 persen pada tahun 2016 dan 6,2 persen pada tahun 2017-2018. Pertumbuhan ekonomi di Indonesia sendiri diperkirakan mencapai 5,1 persen pada tahun 2016, dan meningkat menjadi 5,3 persen pada tahun 2017 mendatang.

Namun demikian, hal tersebut tergantung pada keberhasilan paket reformasi kebijakan dan implementasi program investasi publik yang diterapkan oleh Pemerintah Indonesia. Oleh karena itu, dalam laporannya yang bertajuk The East Asia and Pacific Update, Bank Dunia menekankan pentingnya kebijakan makroekonomi yang cermat dan kelangsungan reformasi struktural.

Secara umum, Bank Dunia menilai, seluruh negara di kawasan Asia Timur dan Pasifik perlu memperhatikan kebijakan fiskal agar dapat menghadapi kemungkinan adanya guncangan global. Terlebih, pertumbuhan ekonomi global diperkirakan masih akan melambat, sehingga akan turut melemahkan permintaan dan pertumbuhan di kawasan tersebut.

“Kawasan ini terbantu oleh kebijakan makroekonomi yang cermat, termasuk usaha meningkatkan pendapatan domestik di beberapa negara eksportir komoditas. Namun, guna mempertahankan pertumbuhan di tengah-tengah situasi dunia yang menantang, diperlukan kemajuan berkala dalam reformasi structural,” jelas Wakil Presiden terpilih Bank Dunia untuk kawasan Asia Timur dan Pasifik Victoria Kwakwa sebagaimana dilansir laman Bank Dunia.(nv)