Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bank Dunia Prediksi Ekonomi RI Tumbuh 5,3 Persen Tahun Depan

Jakarta, 23/12/2015 Kemenkeu - Bank Dunia memproyeksikan pertumbuhan ekonomi Indonesia tahun depan akan berada di kisaran 5,3 persen. Selain konsumsi domestik, investasi diharapkan dapat memberikan kontribusi yang lebih besar terhadap pertumbuhan ekonomi pada tahun 2016 nanti.
Melalui laporan terbarunya yang bertajuk Indonesia Economic Quarterly (IEQ) edisi Desember 2015, Bank Dunia secara khusus menyoroti serangkaian paket kebijakan ekonomi pemerintah yang telah diluncurkan sejak September 2015 lalu. Menurut Bank Dunia, paket-paket kebijakan ekonomi tersebut, yang mencakup kebijakan reformasi regulasi dan struktural serta stimulus fiskal, berpotensi meningkatkan investasi sektor swasta yang masih rendah pada tahun ini.
“Bila diimplementasikan secara efektif, paket kebijakan dapat membantu pengurangan kendala bagi dunia usaha dan mendorong investasi swasta. Dalam jangka panjang, naiknya investasi tetap sangat penting guna kembalinya pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan perbaikan lapangan kerja,” demikian diungkapkan Ekonom Utama Bank Dunia di Indonesia Ndiame Diop dalam keterangan resminya pekan lalu.(nv)