Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bank Dunia: RI Sangat Mungkin Lolos dari Middle Income Trap


Jakarta, 07/02/2014 MoF (Fiscal) News - Bank Dunia menilai Indonesia masih berpeluang terhindar dari jebakan negara berpenghasilan menengah (middle income trap). Untuk itu, Indonesia harus sejak dini melakukan berbagai langkah dan terobosan.  Hal tersebut disampaikan Kepala Ekonom Bank Dunia untuk Indonesia Ndiame Diop, saat menghadiri seminar nasional pada Kamis (6/2) di Jakarta.

Pernyataan tersebut didasari dengan telah terbuktinya resiliensi Indonesia saat terjadi gejolak global beberapa tahun terakhir ini. Pihaknya juga melihat, saat ini telah ada upaya Pemerintah Indonesia dalam membuat terobosan, antara lain untuk mulai mengakhiri ketergantungan terhadap sumber daya alam dan meninggalkan era upah buruh rendah. "Saat ini Pemerintah Indonesia tengah berupaya mengakhiri  ketergantungan terhadap sumber daya alam, dan ini baik untuk masa depan Indonesia," tegasnya.

Namun, menurutnya, masih ada beberapa hal penting yang harus dilakukan pemerintah. "Tapi masih ada dua hal penting yang dapat dilakukan Pemerintah agar Indonesia dapat terhindar dari jebakan (middle income trap) ini," imbuhnya. Pertama, pemerintah harus mampu menerapkan manajemen makro ekonomi dengan lebih baik lagi. "Ini sangat penting bagi suatu negara dalam menjaga kondisi ekonominya agar tetap stabil di tengah kondisi global yang terus bergerak dengan dinamis dan bergejolak," tambahnya. Kedua, lanjutnya, adalah dengan melakukan reformasi struktural.

Ia menambahkan, tidak sedikit negara berkembang di dunia yang gagal meraih status negara maju karena penggerak ekonomi pada negara tersebut hanya ditopang dari satu sektor saja. "Saat ini Indonesia tengah berusaha untuk lebih merata ke berbagai sektor," ungkapnya.(ak)