Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Banyak Kalangan Optimis Target Penerimaan Pajak 2011 Tercapai


Jakarta, 05/01/2011 MoF (Fiscal) News - Seiring dengan bergulirnya awal tahun 2011, banyak kalangan optimis penerimaan negara dari sektor pajak 2011 akan tercapai. Dosen Perpajakan STEKPI Gustian Djuanda optimis, bahwa di 2011 penerimaan pajak dapat tercapai lebih dari 100% pada tahun 2011. Pernyataan tersebut ia sampaikan melalui surat elektronik pada Selasa (04/01).

“Saya optimis, Insya Allah target tersebut bisa dicapai 150 persen dengan syarat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) bekerja keras menyusuri potensi pajak yang belum tergali dengan baik," ujarnya. Sektor pajak yang belum tergali tersebut seperti Pajak Penghasilan Orang Pribadi (PPh OP), pemilik warung dengan omzet di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP). Selain itu, menurut Gustian, bila DJP dan Pemda bersinergi dengan baik, data Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dapat dijadikan dasar mencari potensi PPh yang tersembunyi. DJP juga harus bekerja menyusuri potensi pajak melalui data yang dimiliki seperti database PBB, Transaksi Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan data Pelaporan PPh Badan.

Sektor migas dan jasa keuangan, menurut Gustian, masih memberikan kontribusi besar untuk penerimaan negara dari pajak pada tahun 2011. "Sektor migas dan jasa seperti keuangan masih berkontribusi besar, tetapi potensi yang masih bisa digali lebih banyak adalah PPh OP usaha informal yang omzetnya besar, cukup signifikan untuk dijadikan sumber peningkatan pajak di masa depan," tambahnya.
(adt)