Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Banda Aceh Gagalkan Penyelundupan 15 Ton Gula

 

Jakarta, 05/03/2013 MoF (Fiscal) News - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Banda Aceh bekerja sama dengan tim Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Aceh dan Kepolisian Daerah (Polda) Aceh berhasil menggagalkan penyelundupan 15,4 ton gula eks-impor dari Sabang yang masuk melalui Pelabuhan Penyeberangan Ulelheue, Banda Aceh Pada Jumat (1/3). 

Informasi awal penyelundupan gula ini didapat dari petugas Bea dan Cukai Sabang, yang selanjutnya oleh petugas KPPBC Banda Aceh dan Tim Kanwil DJBC Aceh dilakukan pengamatan dan penjagaan secara lebih seksama terhadap lalu lintas sarana pengangkut yang keluar masuk di Pelabuhan Penyeberangan Ulelheue. Dari hasil pengamatan, petugas melakukan pemeriksaan awal terhadap tiga sarana pengangkut yang dicurigai. Ketiga sarana pengangkut tersebut selanjutnya dibawa ke KPPBC Banda Aceh.

Dari hasil pemeriksaan, petugas mendapati satu sarana pengangkut yang membawa gula eks-impor, yaitu truk dengan nomor polisi BL 8401 AO muatan eks KMP BRR dari Pelabuhan Bebas Sabang ke Banda Aceh. Truk tersebut mengangkut 308 karung gula masing-masing 50 kilo gram (kg). Untuk mengelabuhi petugas, modus penyelundupan dilakukan dengan menutupi seluruh permukaan bak truk tersebut dengan kardus bekas setebal lebih dari satu meter. Sopir truk selanjutnya diamankan guna dimintai keterangan lebih lanjut. Sementara, barang bukti telah diamankan di KPPBC TMP C Banda Aceh untuk selanjutnya dilakukan penanganan dan pengembangan kasus lebih lanjut.

Selama periode Juni 2011 hingga Maret 2013, KPPBC TMP C Banda Aceh telah berhasil melakukan enam kali penegahan gula dengan berat total mencapai 42.500 kg dan perkiraan nilai barang mencapai Rp382.500.000.(wa)