Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Bandara Husein Sastranegara Gagalkan Dua Penyelundupan Sabu-Sabu



Jakarta, 28/01/2014 MoF (Fiscal) News - Dalam waktu kurang dari 1 (satu) bulan, petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean A Bandung berhasil menggagalkan dua kali usaha penyelundupan narkotika yang akan dimasukkan ke Indonesia melalui Bandara Internasional Husein Sastranegara, Bandung.


Pada 11 Januari 2014, petugas Bea dan Cukai berhasil menggagalkan usaha penyelundupan narkotika jenis Methamphetamine (sabu-sabu) seberat 205 gram, yang diperkirakan senilai Rp369 juta. Barang haram tersebut dibawa oleh seorang wanita warga negara Kamboja berinisial SS, penumpang pesawat Tiger Air rute Singapura-Bandung.


Keberhasilan tersebut berawal dari kecurigaan petugas atas gerak-gerik tersangka yang kebetulan dalam keadaan hamil. Berdasarkan pemeriksaan secara intensif, petugas akhirnya mendapati tersangka membawa narkotika tersebut yang disembunyikan di dalam organ tubuhnya (anus). Selanjutnya pelaku dan barang bukti tersebut diserahkan kepada Polda Jawa Barat untuk proses pengembangan lebih lanjut.


Keberhasilan penggagalan usaha penyelundupan narkotika sebelumnya terjadi pada awal tahun, yaitu pada 2 Januari 2014. Petugas Bea dan Cukai Bandara Husein Sastranegara berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika yang dibawa oleh seorang warga Negara Jerman berinisial DO, penumpang Tiger Air rute Singapura-Bandung.


Kecurigaan petugas berawal dari gerak-gerik tersangka ketika turun dari pesawat, dan setelah dilakukan pemeriksaan secara mendalam petugas menemukan 6 (enam) butir pil ekstasi dan 0.54 gram Methamphetamine (shabu) yang disembunyikan di dalam koper tersangka, serta sebuah bong (alat hisap sabu-sabu) yang disembunyikan di kaos kaki. Selanjutnya, pelaku dan barang bukti tersebut diserahkan kepada Polda Jawa Barat untuk proses lebih lanjut.(wa)