Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Banjarmasin Gagalkan Peredaran Belasan Juta Batang Rokok Ilegal Selama 2015

Jakarta, 07/01/2016 Kemenkeu - Sepanjang tahun 2015, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe B Banjarmasin telah berhasil menindak 16.854.847 batang rokok (hasil tembakau) ilegal berbagai merk. Atas penindakan tersebut, potensi kerugian negara senilai lebih dari Rp7 miliar berhasil diselamatkan.

Salah satu penindakan yang dilakukan oleh KPPBC Banjarmasin terjadi saat operasi rutin menjelang pergantian tahun, yaitu pada 31 Desember 2015. Operasi rutin yang digelar KPPBC Banjarmasin tersebut bertujuan untuk mengantisipasi peningkatan konsumsi barang kena cukai ilegal dalam rangka menghadapi malam tahun baru.

Dari keterangan resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai terungkap, dalam operasi pada malam tahun baru tersebut, petugas berhasil mengamankan barang bukti rokok ilegal berbagai merk sebanyak 112 karton atau 1.136.000 batang. Penindakan yang berhasil menyelamatkan negara dari kerugian senilai Rp1,175 miliar ini berawal dari pengembangan informasi saat pelaksanaan operasi rutin.

Selain itu, KPPBC Banjarmasin juga berhasil melakukan penindakan terhadap barang impor dan kiriman pos berupa obat-obatan, airsoftguns dan sextoys yang membahayakan dan berpotensi memberikan pengaruh buruk terhadap masyarakat.(nv)