Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Batam Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu dan Metanon

Jakarta, 18/07/2013 MoF (Fiscal) News - Petugas Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai (KPU BC) Batam berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 1.994 gram Methamphetamine (sabu-sabu) pada Sabtu (6/7) Pelabuhan Ferry Internasional Batam Centre.

Oleh pelaku yang berkewarganegaraan Indonesia, Methamphetamine tersebut disembunyikan di dalam barang bawaannya, terbungkus dalam empat bungkus makanan. Selanjutnya, tersangka dan barang bukti dibawa ke KPU Bea dan Cukai batu Ampar, Kota Batam. Saat ini, tersangka dan barang bukti sedang diproses hukum di kantor Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Riau guna pengembangan lebih lanjut.

Sebelumnya, pada Senin (1/7), petugas KPU BC Batam juga berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 9.919 butir pil yang diduga ekstasi di Pelabuhan Internasional Batam Centre, Batam. Pil yang dikemas dalam kotak-kotak makanan tersebut dibawa oleh seorang kurir berkewarganegaraan Malaysia berinisial NCK.

Setelah dilakukan uji coba di laboratorium Badan Narkotika Nasional (BNN), pil tersebut mengandung senyawa Metyl Katinon (Metanon), yang merupakan turunan dari Katinon. Untuk saat ini, katinon belum dimasukkan dalam Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan masih termasuk dalam golongan Psikotropika.

Dari pengembangan lebih lanjut, tim gabungan petugas KPU BC Batam yang bekerja sama dengan BNN Provinsi Kepulauan Riau dan Polresta Barelang berhasil menangkap seorang warga Negara Indonesia berinisial KL yang diduga sebagai pembeli.(wa)