Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
Direktorat Jenderal Bea Cukai bekerja sama dengan Kementerian dan Lembaga lain menyelenggarakan acara pameran dan konferensi Indonesia Transport, Logistics, and Maritime Week (ITLMW) 2017 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta (10/10)

Bea Cukai Dukung Percepatan Arus Logistik

Jakarta, 11/10/2017 Kemenkeu – Kementerian Keuangan melalui Bea Cukai bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia, Reed Panorama Exhibitions, dan 8 Kementerian serta asosiasi terkait, menyelenggarakan pameran dan konferensi untuk industri transportasi, logistik, dan maritim di Indonesia, yang bertajuk Indonesia Transport, Logistics, and Maritime Week (ITLMW) 2017. Acara yang berlangsung pada tanggal 10 hingga 12 Oktober 2017 di JIEXPO Kemayoran ini, dibuka oleh Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Selasa (10/10).

Dikutip dari situs Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), tujuan acara ini adalah untuk merangsang kemajuan infrastruktur, transportasi, logistik serta mendorong transformasi Indonesia dari negara pengguna menjadi negara penghasil, dan menjadikan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Melalui forum ini, para pelaku usaha dapat berdiskusi, berbagi pengetahuan mengenai isu-isu di industri, dan juga penerapan dan pengembangan industri dan profesi di bidang transportasi, logistik, serta maritim, baik di Indonesia maupun kancah internasional. Hal ini termasuk pembenahan di sektor-sektor pendukungnya seperti pelayanan publik dan administrasi yang efisien, termasuk pelayanan dan pengawasan Bea Cukai.

Direktur Fasilitas Kepabeanan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Robi Toni mengungkapkan latar belakang keikutsertaan Bea Cukai dalam ITLMW 2017 yaitu untuk mengedukasi masyarakat. “Melalui event ini, Bea Cukai dapat mengedukasi masyarakat terkait aturan-aturan kepabeanan dan mensosialisasikan fasilitas-fasilitas yang ada seperti kemudahan impor dan ekspor, adanya Pusat Logistik Berikat, Kawasan Berikat, Gudang Berikat, dan fasilitas Kemudahan Impor Tujuan Ekspor, yang berpengaruh pada sektor transportasi, logistik, dan maritim Indonesia,” ujarnya.

Bea Cukai, dalam perannya mengawasi lalu lintas barang diharapkan bisa bekerja sama de