Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Juanda Kembali Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu


Jakarta, 16/10/2013 MoF (Fiscal) News - Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Juanda berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 182 gram narkotika jenis Methamphetamine (sabu-sabu) pada Kamis (3/10) melalui importasi barang di Terminal Kargo Internasional Bandar Udara Juanda, Surabaya.


Methamphetamine tersebut dikirim oleh Tan Eng Kooi dari Kuala Lumpur, Malaysia dan ditujukan kepada Ivan Teguh Santoso di Surabaya. Modus yang digunakan pelaku adalah dengan menyembunyikan Methamphetamine tersebut di dalam lapisan kursi mobil (bucket seat).


Menurut petugas, nilai barang tersebut diperkirakan mencapai Rp245.700.000  (dua ratus empat puluh lima juta tujuh ratus ribu rupiah). Estimasi tersebut didasarkan pada harga perkiraan (patokan) yang dikeluarkan Badan Narkotika Nasional (BNN) tahun 2012, dimana harga Methamphetamine adalah Rp1.350.000 (satu juta tiga ratus lima puluh ribu rupiah) per gram.


Saat ini, barang bukti telah diserahkan kepada BNN Provinsi Jawa Timur untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.(wa/djbc)