Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Kepri Hibahkan 19 Ton Beras Untuk Masyarakat Karimun

Jakarta, 09/10/2015 Kemenkeu - Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Khusus Kepulauan Riau (Kepri) menghibahkan 765 karung, atau setara dengan 19,125 ton beras kepada Pemerintah Kabupaten Karimun, untuk selanjutnya disalurkan kepada warga kurang mampu di wilayah tersebut.

Beras tersebut diserahkan secara langsung oleh Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri Parjiya, yang diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Karimun T.S. Arif Fadillah. Serah terima dilakukan pada Senin (5/10) di Aula Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau.

Beras tersebut tadinya merupakan hasil penindakan dan penegahan patroli Bea dan Cukai di wilayah Kepulauan Riau, yang kemudian ditetapkan sebagai Barang Milik Negara (BMN). Sebelum dihibahkan, BMN tersebut telah melalui proses usulan ke Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam, dan telah disetujui oleh Menteri Keuangan.

“BMN tersebut dihibahkan ke Pemkab Karimun setelah diusulkan ke KPKNL Batam, dan disetujui oleh Menteri Keuangan,” jelas Kepala Kanwil DJBC Kepri. Ia berharap, beras hibah tersebut dapat meringankan beban masyarakat kurang mampu di Kepulauan Karimun.

Sementara itu, mewakili masyarakat Karimun, Sekda Pemkab Karimun pun mengucapkan terima kasihnya kepada Kanwil DJBC Khusus Kepri. “Saya mewakili masyarakat Karimun mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Keuangan karena telah memberikan hibah beras kepada masyarakat kurang mampu di Karimun yang tidak menerima beras miskin (Raskin). Beras ini akan kami distribusikan tepat sasaran,” ungkapnya.

Selain itu, ia juga mengapresiasi kinerja KPKNL Batam yang telah memproses hibah beras tersebut dalam waktu singkat, yakni hanya dalam waktu dua hari. “Padahal, dulu proses hibah beras sangat lama, sekitar dua tahun,” ujarnya.

Beras-beras ini selanjutnya akan disalurkan kepada masyarakat kurang mampu yang tidak masuk dalam data Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat (RTS-PM) Raskin di empat kecamatan. Pertama, Kecamatan Karimun, akan menerima 210 karung beras yang nantinya akan didistribusikan ke enam kelurahan di wilayah tersebut.

Kedua, Kecamatan Tebing, akan menerima 210 karung beras yang akan didistribusikan untuk lima kelurahan dan satu desa. Ketiga, Kecamatan Meral, akan menerima 210 karung beras yang akan didistribusikan kepada enam kelurahan. Terakhir, Kecamatan Meral Barat, akan menerima 135 karung beras yang akan didistribusikan kepada dua kelurahan dan dua desa.

Beras-beras tersebut akan didistribusikan dengan menggunakan sistem kupon oleh pihak kelurahan/desa. Nantinya, setiap keluarga akan menerima masing-masing 1 karung beras dengan ukuran 25 kilo gram. Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepulauan Riau menambahkan, hibah beras hasil tegahan ini bukanlah yang pertama, dan akan dilakukan secara berkelanjutan.(nv)