Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai - KKP Kerja Sama Berantas Illegal Fishing

Jakarta, 14/06/2016 Kemenkeu - Kementerian Keuangan, dalam hal ini Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sepakat untuk meningkatkan kerja sama dalam mencegah semakin maraknya illegal fishing. Hal tersebut terungkap dalam rapat koordinasi antara DJBC dan KKP yang diselenggarakan di Kantor KKP, Jakarta pada Senin (13/06).

Dalam rapat koordinasi tersebut, kedua belah pihak sepakat untuk berkoordinasi dalam mencegah terjadinya kemungkinan impor ilegal dan ekspor ilegal atas hasil laut, terutama hewan laut yang dilindungi dalam Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Flora and Fauna (CITES).

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi menilai, isu illegal fishing perlu ditangani secara serius. Hal ini disebabkan, selain berdampak negatif bagi perekonomian nasional, illegal fishing juga mengancam kelestarian lingkungan.

“Ini perlu ditangani secara serius, karena selain berimbas dalam ekonomi juga mengakibatkan kerugian immateriil adanya potensi kerusakan sumber daya hayati dan ekosistemnya, serta kepunahan keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia,” katanya seperti dikutip dari laman DJBC.

Selain itu, dalam rapat koordinasi tersebut, DJBC dan KKP juga sepakat untuk meningkatkan kerja sama intelijen di antara kedua pihak, untuk mencegah terjadinya kegiatan ilegal di perairan tanah air.(nv)