Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Makassar Musnahkan Miras dan Rokok Tanpa Pita Cukai

Jakarta, 05/09/2013 MoF (Fiscal) News - Kantor Pelayanan dan Pengawasan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Makassar melaksanakan Pemusnahan hasil penindakan di bidang cukai  berupa hasil tembakau dan Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) pada Rabu (4/9).

Barang-barang yang dimusnahkan terdiri atas 1.400.000 batang hasil tembakau jenis sigaret kretek mesin (SKM) berbagai merek, dengan jenis pelanggaran berupa penggunaan pita cukai bekas, pita cukai palsu, atau tanpa dilekati pita cukai. Potensi kerugian negara dari beredarnya hasil tembakau tersebut mencapai Rp243.355.000.

Selain itu, petugas juga memusnahkan 2.100 botol lebih Minuman Mengandung Etil Alkohol lokal/buatan dalam negeri berbagai merek dengan jenis pelanggaran tanpa dilekati pita cukai. Potensi kerugian negara dari dari beredarnya MMEA tersebut mencapai Rp 39.320.000,00. Dengan demikian, jumlah total potensi kerugian negara secara keseluruhan mencapai Rp282.675.400.

Pelaksanaan pemusnahan ini secara simbolis dilaksanakan di Lapangan Olah Raga Kantor Bea dan Cukai Makassar. Selanjutnya, secara keseluruhan akan dimusnahkan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tamangapa Antang, Makassar. Setelah barang hasil penindakan tersebut dimusnahkan, acara dilanjutkan dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan oleh Tim Pemusnahan Barang Milik Negara (BMN) KPPBC TMP B Makassar.(wa)