Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Medan Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu dari Malaysia

Jakarta, 28/02/2014 MoF (Fiscal) News - Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Medan berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis Methamphetamine dari Malaysia pada 14 Februari 2014 lalu.


Narkotika tersebut dibawa oleh seorang warga negara Malaysia berinisial KA (35 tahun), eks penumpang Malaysia Airline (MH-860) dari Kuala Lumpur, Malaysia. Modus yang dilakukan oleh pelaku adalah dengan mengelabui petugas dengan cara menyembunyikan barang larangan tersebut dalam dinding buatan (false concealment) koper yang dibawanya.


Total narkotika yang berhasil disita petugas dari tersangka sebanyak sekitar 2.001,1 gram Methamphetamine. Atas perbuatannya tersebut, tersangka diduga melanggar pasal 113 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dan diancam dengan hukuman maksimal pidana mati, atau minimal pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh tahun). Selain itu, tersangka juga akan dipidana denda paling sedikit Rp1 miliar dan paling banyak Rp10 miliar ditambah 1/3.


Selanjutnya, tersangka dan barang bukti diserahkan kepada Penyidik Narkotika POLDA Sumut untuk pengembangan lebih lanjut.(wa)