Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Ngurah Rai Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu dalam Lukisan

Jakarta, 19/05/2014 MoF (Fiscal) News - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Ngurah Rai berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 715 gram Methamphetamine (sabu-sabu) yang disembunyikan di dalam lukisan.


Seperti dikutip dari situs resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai pada Senin (19/5), penggagalan upaya penyelundupan narkotika ini berlangsung pada Rabu (14/5) di Kantor Pos Lalu Bea Renon, Denpasar. Dengan estimasi harga pasaran sabu-sabu adalah Rp2 juta per gram, diperkirakan, narkotika tersebut bernilai sekitar Rp1,43 miliar.


Keberhasilan penggagalan upaya penyelundupan narkotika tersebut berawal dari kecurigaan petugas terhadap hasil pencitraan mesin x-ray atas paket kiriman pos dari Afrika Selatan. Setelah melakukan pemeriksaan menyeluruh, petugas menemukan bungkusan aluminium foil berisi sabu-sabu yang disembunyikan di lukisan.  


Dari dokumen kartu alamat, diketahui penerima paket kiriman lukisan tersebut adalah Gede Putu Juliantara yang beralamat di Jalan Tangkuban Perahu, Kabupaten Badung, Bali. Setelah melakukan penelusuran lebih lanjut, petugas gabungan Bea Cukai dan Polda Bali menemukan bahwa pemilik barang sebenarnya adalah I Nyoman Suputra yang beralamat di Jalan Kosambi, Kabupaten Badung, Bali. Selanjutnya, petugas mengamankan tersangka pada Rabu (14/5) malam.


Atas perbuatannya, tersangka diduga melanggar pasal 113 ayat (2) Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dan diancam dengan hukuman maksimal pidana mati atau minimal pidana penjara paling singkat 5 (lima) tahun dan paling lama 20 (dua puluh tahun) dan pidana denda  paling sedikit Rp1.000.000.000,00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah) ditambah 1/3. Saat ini, tersangka berikut barang bukti telah diserahterimakan kepada pihak Kepolisian guna proses penyelidikan/penyidikan lebih lanjut.(wa)

 

Informasi selengkapnya dapat dilihat di situs resmi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai