Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Pasar Baru Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu dari India

Jakarta, 29/1/2013 MoF (Fiscal) News - Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Pratama Pasar Baru berhasil menggagalkan dua kali upaya penyelundupan Methamphetamine (sabu-sabu) senilai lebih dari Rp2 miliar selama periode Desember 2012 hingga Januari 2013.

Penggagalan penyelundupan sabu-sabu yang pertama terjadi pada tanggal 28 Desember 2012, di mana petugas KPPBC Pasar Baru bekerja sama dengan petugas Subdirektorat Narkotika Direktorat Penindakan dan Penyidikan (P2) Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), disaksikan petugas Kantor Pos Pasar Baru melakukan pemeriksaan mendalam terhadap barang kiriman pos dari India. Barang kiriman mencurigakan tersebut diberitahukan sebagai office accessories, table tabernacle dan refresher, dengan penerima berinisial UY beralamat di Bekasi Utara. Dari hasil pemeriksaan, petugas berhasil menemukan serbuk kristal berwarna putih yang disembunyikan di dalam dinding papan 2 (dua) set aksesories untuk meja kantor tersebut, dengan berat total kurang lebih 1 (satu) kilo gram.

Petugas kemudian mengirimkan contoh serbuk kristal tersebut ke Balai Pengujian dan Identifikasi Barang Bea dan Cukai (BPIB). Dari hasil tes, petugas menyimpulkan barang tersebut positif Methamphetamine HCl dengan estimasi nilai barang mencapai Rp2 miliar. Selanjutnya, setelah berkoordinasi dengan Bidang P2 Kanwil DJBC Jakarta, Direktorat P2 Kantor Pusat DJBC, Badan Narkotika Nasional (BNN), dan Kantor Pos untuk melakukan controlled delivery (CD), petugas berhasil menangkap penerima paket berinisial AN.

KPPBC Tipe Pratama Pasar Baru kembali berhasil menggagalkan penyelundupan narkotika golongan I pada 10 Januari 2013. Kali ini, petugas berhasil menegah upaya penyelundupan 162.5 gram Methamphetamine dengan estimasi nilai barang sekitar Rp219 juta. Barang haram tersebut diketahui dari hasil pemeriksaan fisik yang dilakukan pemeriksa barang KPPBC Tipe Pratama Pasar Baru terhadap paket dari India yang dikirim melalui Kantor Pos Pasar Baru. Oleh pelaku, Methamphetamine ini disembunyikan di antara sisi kardus pembungkus pakaian. Setelah berkoordinasi dengan Bagian P2 Kanwil DJBC Jakarta dan BNN untuk melakukan control delivery, penerima paket berhasil ditemukan di wilayah Tangerang Selatan, Banten. Kasus ini selanjutnya diserahkan kepada BNN untuk pengembangan lebih lanjut.(wa)