Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Soekarno-Hatta Gagalkan Penyelundupan 7 kg Sabu-Sabu

Jakarta, 21/10/2013 MoF (Fiscal) News - Tim Customs Tactical Unit (CTU)  Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean Soekarno Hatta berhasil menggagalkan dua upaya penyelundupan Methamphetamine (sabu-sabu) dengan berat total 7,378 kilo gram (kg) pada kurun waktu September-Oktober 2013.  

Penyelundupan pertama dilakukan pada 30 September 2013 oleh seorang laki-laki berkewarganegaraan Indonesia dengan inisial MGR (34). Pelaku adalah eks penumpang Garuda Indonesia GA-819 rute Kuala Lumpur-Jakarta-Surabaya. MGR yang membawa shabu-shabu sebanyak 1,662 kg yang disembunyikan dalam dinding kardus yang dipakai untuk mengemas barang pribadi penumpang.

Selanjutnya, pada 11 Oktober 2013, petugas kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu seberat 5,716 kg. Sabu-sabu tersebut dibawa oleh seorang eks penumpang pesawat Garuda Indonesia GA-821 rute Kuala Lumpur-Jakarta–Surabaya berinisial MH (31). MH yang juga merupakan seorang Warga Negara Indonesia mencoba mengelabui petugas dengan menyembunyikan narkotika tersebut ke dalam dua kardus baby walker.


Dalam keterangannya pada Jumat (18/10), Pelaksana harian (Plh.) Kepala KPPBC Tipe Madya Soekarno Hatta Purwidi menjelaskan bahwa tersangka MGR telah diserahkan kepada Penyidik Satres Narkoba Polresta Bandara Soekarno Hatta. Sementara itu, untuk tersangka MH diserahkan kepada penyidik Badan Narkotika Nasional  (BNN).

Setelah ditelusuri, kedua tersangka merupakan Tenaga Kerja Indonesia (TKI). Untuk itu, Kepala Humas BNN Sumirat Dwiyanto yang turut hadir pada jumpa pers tersebut mengimbau agar TKI yang berada di Malaysia tidak mudah membawa barang titipan dari orang lain yang tidak dikenal. Selain itu, pihaknya juga berpesan agar TKI tidak mudah menerima tawaran untuk membawa barang dari Malaysia yang tidak diketahui isinya.(wa)