Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Soetta Gagalkan 19 Penyelundupan Narkoba dalam Tiga Bulan Terakhir

Jakarta, 26/11/2015 Kemenkeu - Petugas Bea dan Cukai KPU Soekarno Hatta bekerja sama dengan pihak Kepolisian dan Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam kurun waktu tiga bulan terakhir berhasil menggagalkan 19 kasus penyelundupan narkotika dan obat-obatan berbahaya.

Sesuai data Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC), total hasil tangkapan yang berhasil digagalkan yaitu 11,8 kilo gram (kg) Methamphetamine (sabu-sabu), 1.292 butir ekstasi, 9.000 butir happy five 12 butir xanax (obat penenang), dan 19,6 kg synthetic cannabinoid. Dari ke-19 kasus tersebut, pihak kepolisian telah menetapkan 15 orang tersangka.

Dalam konferensi pers pada Selasa (24/11) di Kantor Pelayanan Utama Tipe C Bea dan Cukai Seokarno Hatta, Jakarta, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi menyampaikan, setiap kasus tersebut tidak berdiri sendiri. Keberhasilan penggagalan kasus-kasus tersebut merupakan hasil dari kerja sama antara Bea Cukai yang bekerja sama dengan pihak kepolisian dan BNN.

Ia menambahkan, dalam beberapa bulan terkahir, sinergi kerja sama antara penegak hukum di bidang narkotika telah menunjukkan puncak tertinggi dan akan terus dilanjutkan. Hal ini terlihat dari selain jumlah tangkapan yang cukup besar, frekuensi tangkapan juga semakin sering.

Sementara itu, Kepala BNN, Budi Waseso memperkirakan, menjelang akhir tahun ini permintaan narkotika akan mengalami peningkatan. “Ini harus kita hentikan, dan dalam waktu dekat saya akan mengumpulkan pengusaha hiburan malam untuk mensosialisasikan hal ini. Apabila narkotika terdapat pada hiburan malam, kita akan tindak dengan tegas,” katanya.

Terlebih, saat ini sedang marak peredaran ganja sintetik yang dikenal dengan tembakau gorila. “Di berbagai belahan dunia sudah ada sekitar 541 jenis narkoba baru, dan yang sudah masuk ke wilayah Indonesia sudah mencapai 36 jenis narkoba, termasuk yang lagi tren ganja sintetik,” ungkapnya.(nv)

 

Sumber: Direktorat Jenderal Bea dan Cukai