Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Tanjung Balai Karimun Gagalkan Penyelundupan Heroin dari Malaysia



Jakarta, 27/12/2013 MoF (Fiscal) News - Petugas Bea dan Cukai Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) B Tanjung Balai Karimun yang bertugas di pelabuhan ferry internasional berhasil melakukan penegahan narkotika jenis heroin pada 29 November 2013 lalu.


Narkotika tersebut dibawa oleh pelaku yang berinisal HP (35), Warga Negara Indonesia yang merupakan penumpang kapal ferry MV. TUAH I, dari Pelabuhan Kukup Malaysia tujuan Tanjung Balai Karimun Indonesia. Modus yang dilakukan oleh pelaku adalah dengan cara ditelan (swallowed).

Penegahan tersebut dilakukan bersama-sama dengan Tim Badan Narkotika Nasional (BNN) Pusat karena merupakan bagian dari Operasi bersama antara Direktorat Jenderal Bea dan Cukai bekerja sama dengan BNN Pusat di Wilayah Kantor Pelayanan Utama Bea Cukai (KPUBC) Batam dan Kantor Wilayah (Kanwil) DJBC Khusus Kepulauan Riau dengan nama operasi Takong Hiu.


Selanjutnya, petugas membawa HP ke KPPBC TMP B Tanjung Balai Karimun untuk mengeluarkan barang dan melakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut. Setelah dikeluarkan dari tubuh HP, petugas menemukan 1 kapsul berwarna merah ukuran besar dan 1 kapsul berwarna merah ukuran kecil. Setelah dibuka, kapsul tersebut berisi bubuk warna putih yang dibungkus dalam kantong plastik kecil. Setelah dilakukan pengetesan, petugas mendapati serbuk putih tersebut positif heroin seberat 11,82 gram.


Pelaku sendiri telah melanggar Pasal 102 huruf e Undang-Undang (UU) Nomor 17 Tahun 2006 tentang Perubahan atas UU Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan, yaitu menyembunyikan barang impor berupa heroin secara melawan hukum (penyelundupan) di Pelabuhan Ferry Internasional Tanjung Balai Karimun dan/atau mengimpor Narkotika Golongan I sebagaimana dimaksud Pasal 113 ayat (2) Undang Undang Nomor 35 tahun 2009 tentang Narkotika.(wa/djbc)