Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Tegah 108.000 Botol Miras Ilegal

Tanggerang, 26/11/2010 MoF (Fiscal) News - Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tangerang berhasil menegah 10.071 karton atau 108.000 botol berisi minuman keras (miras) illegal. Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Thomas Sugijata, Jum'at (26/11) di Kantor Bea Cukai Tipe Madya Pabean Tangerang.

Thomas menuturkan, penegahan dilakukan petugas Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tangerang pada Rabu (24/11) dengan dibantu pihak Kepolisian pada pukul 21.00 di salah satu gudang di Blok O2 No. 8 Kawasan Taman Tekno, Tangerang. Selain minuman keras (miras) petugas juga mengamankan 428 lembar pita cukai palsu, stiker peringatan PT. Sarinah palsu dan stiker barcode dengan hologram PHRI palsu.

"Modus yang mereka lakukan adalah menyimpan dan menimbun di dua gudang dengan tidak ada ijin dari Bea Cukai setempat. Selanjutnya, modus yang mereka lakukan adalah dengan melekatkan ke botol-botol miras dengan maksud menyembunyikan identitasnya," ungkapnya.

Thomas menjelaskan, jumlah barang yang ditegah saat ini masih perkiraan karena masih dalam proses pencacahan oleh petugas. Diperkirakan kerugian negara dari miras ilegal tersebut sebesar Rp 106 miliar dan kerugian negara dari nilai cukai yang harus dibayar sebesar Rp 16 miliar. "Saat ini barang-barang bukti sudah dipindahkan ke kantor Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean Tangerang, kemudian petugas juga amankan lima orang yang diduga pegawai dan supir dan satu orang inisial RM sebagai pengelola gudang," pungkasnya.(DM)