Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Bea Cukai Tembilahan Gagalkan Penyelundupan Blackberry

Jakarta, 16/07/2013 MoF (Fiscal) News - Petugas Bea dan Cukai Tembilahan berhasil mengamankan 100 unit ponsel baru merk Blackberry dari speedboat R. Jaya dari Batam tujuan Tembilahan di Dermaga Syahbandar Tembilahan pada Jumat (12/7) lalu.

Menurut Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Tembilahan Zaky Firmansyah, penegahan tersebut merupakan hasil informasi intelijen terkait adanya upaya pemasukan barang larangan dan pembatasan dari kawasan bebas Batam ke wilayah Tembilahan. Saat ini, barang bukti telah diamankan ke KPPBC Tipe Madya Pabean C Tembilahan untuk proses penyelidikan lebih lanjut. Sementara itu, nakhoda dan anak buah kapal (ABK) speedboat R Jaya juga telah dimintai keterangan untuk menemukan pemilik barang.

Tindakan pelaku ini melanggar Undang-Undang (UU) Nomor 10 tahun 1995 sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 17 tahun 2006 tentang Kepabeanan dan Peraturan Pemerintah Nomor 10 tahun 2012 tentang Perlakuan Kepabeanan, Perpajakan dan Cukai serta Tata Laksana Pemasukan dan Pengeluaran Barang dari Wilayah Kawasan yang Telah Ditetapkan Sebagai Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas.(wa)