Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Beberapa Negara Dukung Indonesia Menjadi Bagian dari FATF

Jakarta, 10/07/2017 Kemenkeu – Beberapa negara anggota Financial Action Task Force (FATF) mendukung Indonesia untuk menjadi bagian dari FATF, hal tersebut di sampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers bersama Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi di Hotel Steigenberger, Hamburg, Jerman, pada Sabtu (08/07) lalu. Menkeu menyampaikan bahwa Kementerian Keuangan (Kemenkeu) bersama Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) telah melakukan presentasi melalui conference call. Selain itu hal ini juga telah disampaikan Menkeu Sri Mulyani Indrawati kepada para menkeu negara-negara besar seperti Jerman, Perancis, Jepang, RRT, Australia, Amerika Serikat.

Keberadaan Indonesia dianggap penting karena dapat memberikan nilai tambah terhadap FATF dan membuat keseluruhan financial task force untuk anti-financial terrorism tersebut akan menjadi semakin lengkap untuk meng-cover seluruh dunia. "Tiga negara menginisiasi Indonesia untuk in membership karena itu dianggap sebagai salah satu tambahan yang akan sangat penting dan akan membuat keseluruhan financial task force untuk (anti-financial terrorism) ini akan menjadi makin komplit mengcover seluruh dunia." ujar Menkeu

Bagi Indonesia sendiri menjadi bagian dari anggota FATF dapat mengurangi risiko lemahnya dalam hal mengontrol financing terrorism. Karena itu Menkeu sangat mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Kemenlu maupun PPATK dalam mengupayakan keanggotaan Indonesia.

“Jadi financial system kita ini bekerjasama dengan OJK, Bank Indonesia, kita makin menunjukkan bahwa keseluruhan financial system di Indonesia baik itu pada perbankan, capital market dan non bank semuanya mengikuti, “jelas Menkeu.(hr/rsa)