Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Benahi dan Perkuat Ekonomi Dalam Negeri

Jakarta, 03/10/2013 MoF (Fiscal) News – Pemerintah perlu membenahi dan memperkuat ekonomi di dalam negeri, untuk meminimalkan dampak gejolak ekonomi politik di global khususnya Amerika Serikat. Demikian disampaikan Wakil Menteri Keuangan II Bambang P.S. Brodjonegoro di Jakarta, Kamis (3/10).
Menurutnya, jika  shutdown  di Amerika Serikat berlangsung lama  maka bisa berpengaruh ke recovery AS dan tentunya akan mengg anggu ekspor Indonesia secara temporer. Apalagi, shutdown di pemerintahan AS ini dinilai bukan pertama kali terjadi tetapi sudah 17 kali dalam 30 tahun terakhir, dengan rentang ant ara 2 hari sampai 30 hari.
“Jadi kalau itu hal yang biasa dan bisa dilalui, harusnya pertumbuhan ekonomi AS bisa normal. Mudah-mudahan yang terjadi sekarang temporer, itu lebih karena bargaining politik karena sebagai partai berkuasa, Demokrat juga tidak mau disandera sama Republik,” jelasnya.
Kendati demikian, sambung dia, Indonesia maupun negara-negara lain akan mengantisipasi dampak gejolak tersebut. Saat ini, pemerintah akan fokus untuk memikirkan kondisi fundamental ekonomi Indonesia. “Jadi, jangan pusing dengan kondisi global itu, tapi kita fokus membenahi yang dalam negeri. Kalau kita membenahi di dalam dan diperkuat, jadi apapun yang terjadi di luar kita bisa meminimalkan gejolak yang terjadi,” pungkasnya. (ans)