Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Berantas Penyelundupan, Bea Cukai Gelar Operasi Gerhana

Jakarta, 11/04/2016 Kemenkeu - Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan menggelar operasi patroli laut dengan sandi ‘Operasi Gerhana’. Operasi yang dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi pada Kamis (7/4) ini akan berlangsung selama satu bulan, yaitu pada 7 April 2016 sampai dengan 6 Mei 2016.

Dalam sambutannya, Direktur Jenderal Bea dan Cukai menjelaskan bahwa upaya pemberantasan penyelundupan dilakukan dengan meningkatkan koordinasi internal bea cukai dan koordinasi dengan aparat penegak hukum lainnya. Hal ini salah satunya dilatarbelakangi adanya perintah langsung Presiden Joko Widodo, yang memerintahkan langsung DJBC untuk melakukan koordinasi dengan aparat penegak hukum lainnya dalam upaya pemberantasan penyelundupan.

Ia mengungkapkan, selama triwulan I-2016 ini, aparat bea cukai yang bekerja sama dengan aparat penegak hukum lainnya telah berhasil menindak 30 kasus upaya penyelundupan melalui laut. “Kalau upaya pemberantasan dilakukan secara konsisten, maka saya yakin penindakan sampai dengan akhir tahun 2016 akan maksimal,” katanya sebagaimana dikutip dari laman DJBC.

Lebih lanjut ia menjelaskan, ‘Operasi Gerhana’ ini akan dilaksanakan di Pesisir Timur Pulau Sumatera. Operasi tersebut berada di bawah kendali Direktorat Penindakan dan Penyidikan Kantor Pusat DJBC, dengan melibatkan unsur-unsur kapal patroli dari Kantor Wilayah DJBC Aceh, Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara, Kantor Wilayah DJBC Khusus Kepulauan Riau, Kantor Wilayah DJBC Riau dan Sumatera Barat, Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Tipe B Batam, Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Tipe A Tanjung Balai Karimun, dan Pangkalan Sarana Operasi Bea dan Cukai Tipe B Batam.

Adapun sarana yang dipergunakan dalam operasi tersebut total sebanyak 16 kapal patroli bea dan cukai, yang meliputi enam kapal Fast Patroli Boat (FPB) 28 meter, delapan kapal speed boat dan dua kapal Very Slender Vessel (VSV).(nv)