Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

Beri Arahan pada Orientasi Pegawai Baru, Ini Pesan-Pesan Sesjen

Jakarta, 29/12/2016 Kemenkeu - Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Keuangan Hadiyanto memberikan arahan pada acara orientasi pegawai baru Kementerian Keuangan 2016, di Aula Djuanda Kementerian Keuangan, Jakarta pada Kamis (29/12). Pada kesempatan tersebut, Sesjen menyampaikan pesan-pesan kepada 65 pegawai baru yang keseluruhannya merupakan alumni Politeknik Keuangan Negara STAN.

Mengawali arahannya, Sesjen berpesan agar para pegawai baru bersyukur bisa bekerja di Kementerian Keuangan. Menurutnya, bekerja di sektor publik, terutama Kementerian Keuangan, dan khusunya Sekretariat Jenderal adalah sebuah privilege, karena memperoleh kesempatan untuk mengabdi dan memberi nilai tambah bagi organisasi. “Sikapi bekerja di Kemenkeu khususnya Sekretariat Jenderal ini sebagai kesempatan untuk mengabdi dan memberikan nilai tambah,” ujarnya.

Untuk itu, Sesjen menginginkan pegawai baru nantinya menjadi sosok pegawai bertipe climber, yaitu pegawai yang terus berusaha meningkatkan kemampuan. “Jangan menjadi quitter yang cepat menyerah, atau camper yang mudah berpuas diri, yang hanya bekerja secara normatif tanpa memberikan added value,” tegasnya.

Sesjen juga menekankan agar pegawai baru bekerja dengan penuh integritas berdasarkan nilai-nilai Kementerian Keuangan yang disertai dengan spirit PRIME (professionalism, responsive, innovative, modern, dan enthusiastic). “Bekerja itu harus dengan integrity, integrity itu nggak ada sekolahnya, nggak ada trainingnya, tetapi melekat pada diri kalian. Integrity yaitu satu sikap yang mampu melawan berbagai godaan, berbagai temptation, dan berbagai ujian,” tegasnya.

Mengakhiri arahan, Sesjen berharap para pegawai dapat menjadi insan utama dalam perannya sebagai prime mover, yang menjadi pendorong utama dari capaian kinerja Kementerian Keuangan. “Untuk itu, bekerjalah dengan spirit PRIME, values Kementerian Keuangan dan didorong dengan kompetisi yang sehat diantara kalian,” pungkasnya.(lg)