Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BI: Cadangan Devisa RI Kembali Meningkat

Jakarta, 09/10/2013 MoF (Fiscal) News - Jumlah cadangan devisa Indonesia pada akhir September 2013 tercatat sebesar 95,7 miliar dolar  Amerika Serikat (AS). Berdasarkan catatan Bank Indonesia (BI) yang diterbitkan pada Senin (7/10), angka cadangan devisa tersebut mengalami peningkatan dari posisi pada akhir Agustus 2013 yang sebesar 93,0 miliar dolar AS.

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Difi A. Johansyah, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5,2 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. "Jika hanya dibandingkan dengan impor, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5,4 bulan impor," kata Difi. Menurutnya, kenaikan jumlah cadangan devisa tersebut tidak terlepas dari langkah-langkah penguatan bauran kebijakan BI untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dan koordinasi kebijakan dengan pemerintah untuk menurunkan defisit transaksi berjalan.

Selain itu, keyakinan pasar valuta asing (valas) domestik yang semakin menguat dengan penawaran dan permintaan valas yang semakin aktif dan berimbang dalam membentuk pergerakan nilai tukar rupiah juga turut berperan dalam meningkatkan jumlah cadangan devisa. Kenaikan cadangan devisa didukung juga oleh langkah pemerintah menerbitkan obligasi syariah negara dalam valuta asing sebagai salah satu sumber pembiayaan defisit fiskal.(ak)