Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BI: Cadangan Devisa RI Stabil

Jakarta, 09/09/2013 MoF (Fiscal) News - Bank Indonesia (BI) menyatakan bahwa jumlah cadangan devisa Indonesia pada akhir Bulan Agustus 2013 tercatat sebesar 93,0 miliar dolar Amerika Serikat (AS). BI melalui Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Difi A. Johansyah menyatakan, angka cadangan devisa tersebut relatif stabil dari posisi pada akhir Juli 2013 yang sebesar 92,7 miliar dolar AS.

Ia menambahkan, posisi cadangan devisa RI hingga kini setara dengan 5,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Jika hanya dibandingkan dengan impor, posisi cadangan devisa tersebut setara dengan 5,2 bulan impor. "BI menilai jumlah cadangan devisa tersebut masih cukup untuk menghadapi tekanan pada neraca pembayaran," kata Difi pada Jumat (6/9).

Namun demikian, masih tingginya tekanan dan ketidakpastian perekonomian global ke depan memerlukan langkah-langkah antisipasi, baik dengan penguatan respons bauran kebijakan maupun ketahanan dalam menghadapi gejolak eksternal, termasuk bantalan kecukupan cadangan devisa secara berlapis (second line of defense). Dalam kaitan ini, sebagaimana telah diumumkan sebelumnya, BI telah menandatangani perpanjangan Bilateral Swap Agreement (BSA) dengan Bank of Japan sebagai agen Menteri Keuangan Jepang sebesar 12 miliar dolar AS yang berlaku efektif pada 31 Agustus 2013.(ak)