Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BI dan Pemerintah Perkuat Koordinasi Kendalikan Laju Inflasi

Jakarta, 18/07/2013 MoF (Fiscal) News - Bank Indonesia (BI) terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah dalam upaya menjaga dan mengendalikan laju inflasi sesuai dengan target yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013. Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo memperkirakan, laju inflasi akan kembali ke koridor yang dirancang pemerintah pada September 2013. 

Hal tersebut dikatakan Gubernur BI seiring dengan mulai diresponsnya kebijakan yang dilakukan pemerintah yang berkoordinasi dengan BI. “Kita harapkan nanti di Bulan September sudah kembali rendah, tetapi untuk Bulan Juli ini kita perkirakan memang cukup tinggi,” katanya.
Pihaknya juga menggarisbawahi pentingnya mengantisipasi dampak terusan (second round effect) dari kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang berimbas pada beberapa sektor lainnya, terutama terkait inflasi bahan pangan (volatile foods). "Jadi kami juga harus ancang-ancang jika nanti di akhir tahun terjadi lagi kenaikan inflasi," ungkap Gubernur BI.
Terkait laju inflasi Juli 2013, Gubernur BI memproyeksikan inflasi bulanan akan berada di kisaran  2,3 persen hingga 2,5 persen. Ia menilai, potensi laju inflasi sebesar 2,38 persen pada Juli 2013 masih cukup realistis dan sesuai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2013, yaitu sebesar 7,2 persen.(ak)