Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BI, Pemerintah dan OJK Berkoordinasi Respons Krisis Global

Jakarta, 09/09/2013 MoF (Fiscal) News - Koordinasi Bank Indonesia (BI) dengan pemerintah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta perbankan Indonesia hingga kini berada dalam kondisi yang baik. Demikian disampaikan Gubernur BI Agus Martowardojo pekan kemarin.

Pihaknya optimistis, ketahanan Indonesia, baik dari sisi respons kebijakan maupun kondisi cadangan devisa berada dalam kondisi baik. Menurutnya, Indonesia dalam keadaan yang baik, karena BI, pemerintah pusat, maupun pemerintah daerah terus melakukan kerja sama untuk merespons kondisi-kondisi yang perlu ditindaklanjuti. "Jadi jangan samakan krisis yang terjadi pada 1997 dan 1998 dengan apa yang terjadi sekarang," kata Gubernur BI.

Pihaknya menilai, krisis global yang terjadi pada tahun 1997 dan 1998 berbeda dengan yang sedang terjadi saat ini. Perbankan pada masa tersebut, menurutnya, memiliki sistem pengelolaan yang lemah. Hal tersebut tidak akan terjadi lagi karena telah adanya tata kelola pada sistem manajemen perbankan Indonesia. “Secara umum saya melihat bahwa memang dunia masih ada gejolak akan menekan Indonesia. Tapi langkah yang diambil Indonesia itu melalui koordinasi (dengan pemerintah) itu bagus, jadi saya optimis ini akan membawa kebaikan,” jelasnya. Melalui tata kelola pada sistem manajemen perbankan Indonesia, pihaknya meyakini krisis 1997 dan 1998 tidak akan terulang lagi.(ak)