Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BI Perkirakan Perbaikan Pertumbuhan di Triwulan II-2016

Jakarta, 17/06/2016 Kemenkeu - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi domestik pada triwulan II 2016 akan mengalami perbaikan, meskipun tidak sekuat perkiraan sebelumnya.  Dari informasi yang dilansir melalui laman BI, konsumsi rumah tangga diperkirakan meningkat, sejalan dengan peningkatan penjualan eceran menjelang Hari Raya Idul Fitri, yang antara lain ditopang oleh rencana pembayaran tunjangan hari raya.


Sementara itu, di tengah belanja modal pemerintah yang terus meningkat, pertumbuhan investasi, khususnya nonbangunan, diperkirakan belum menunjukkan perbaikan yang signifikan. Dari sisi eksternal, ekspor diperkirakan masih tumbuh terbatas, meskipun ekspor beberapa komoditas mulai mengalami peningkatan.


BI memandang berbagai langkah masih diperlukan untuk meningkatkan permintaan domestik guna terus memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi. Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi untuk keseluruhan 2016 diperkirakan masih berada pada kisaran 5,0-5,4 persen (yoy). (as)