Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BI Pertahankan BI Rate di Level 7,25 Persen

Jakarta, 08/10/2013 MoF (Fiscal) News - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) yang berlangsung pada Selasa (8/10) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) pada level 7,25 persen.

Sementara itu, untuk suku bunga Lending Facility ditetapkan sebesar 7,25 persen, dan suku bunga Deposit Facility ditetapkan pada level 5,50 persen. Hal tersebut disampaikan Gubernur BI Agus Martowardojo di Gedung BI, Jakarta, pada Selasa (8/10).

Gubernur BI juga menyatakan bahwa BI akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah, khususnya dalam pengendalian inflasi dan defisit transaksi berjalan. "Bank Indonesia akan mencermati perkembangan perekonomian global dan nasional serta akan mengoptimalkan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial untuk memastikan bahwa tekanan inflasi tetap terkendali, stabilitas nilai tukar rupiah terjaga kondisi fundamentalnya, serta defisit transaksi berjalan menurun ke tingkat yang sustainable,” paparnya.

Ia menambahkan, BI optimistis berbagai kebijakan yang telah ditempuh baik oleh pemerintah maupun BI akan mempercepat penyesuaian defisit transaksi berjalan ke tingkat yang lebih sehat dan mengendalikan inflasi menuju ke sasaran 4,5±1 persen pada 2014. "Kalau kebijakan-kebijakan ini bisa terus dijalankan dengan baik, tahun depan kita bisa kembali ke pola 4,5±1 persen," katanya.(ak)