Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BI Pertahankan BI Rate di Level 7,5 Persen

Jakarta, 08/04/2014 MoF (Fiscal) News - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan BI Rate sebesar 7,50 persen, dengan suku bunga Lending Facility dan suku bunga Deposit Facility masing-masing tetap pada level 7,50 persen dan 5,75 persen.

Menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara, kebijakan tersebut tetap konsisten dengan upaya untuk mengarahkan inflasi menuju ke sasaran 4,5 plus minus 1 persen pada 2014 dan 4,0 plus minus 1 persen pada 2015, serta menurunkan defisit transaksi berjalan ke tingkat yang lebih sehat. "Bank Indonesia menilai perekonomian Indonesia dewasa ini bergerak ke arah yang positif dan sesuai perkiraan, ditandai inflasi yang menurun dan neraca perdagangan yang kembali mencatat surplus," jelasnya pada selasa (8/4).

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia masih akan berlanjut ke arah yang lebih sehat dan seimbang. "Permintaan eksternal membaik dan mengimbangi moderasi permintaan domestik sebagai sumber pertumbuhan ekonomi," ungkapnya.

Berdasarkan catatan BI, beberapa indikator dini dan indikator penuntun mengindikasikan pertumbuhan konsumsi rumah tangga pada triwulan I-2014 meningkat, antara lain didorong kegiatan Pemilu 2014. BI memproyeksikan, ekspor masih berada dalam tren membaik, terutama didorong ekspor manufaktur sejalan pemulihan ekonomi negara maju.

Sementara itu, investasi swasta pada triwulan I-2014 masih tumbuh terbatas, dan diperkirakan baru meningkat pada semester II-2014. Secara keseluruhan, pertumbuhan ekonomi Indonesia 2014 diperkirakan masih berada dalam kisaran proyeksi BI sebelumnya, yakni 5,5 persen hingga 5,9 persen.(ak)