Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BI, PPATK dan FHUI Kerja Sama Redam Pencucian Uang

 

Jakarta, 29/07/2011 MoF (Fiscal) News - Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FHUI) membentuk Pusat Kajian Anti Pencucian Uang Indonesia. Kerja sama tiga lembaga tersebut secara resmi ditandangani di Gedung BI, Jakarta, pada Jumat (29/07).

Stabilitas perekonomian dan integritas sistem keuangan dapat terjaga dengan baik melalui koordinasi yang erat antara berbagai lembaga/instansi. Demikian dikatakan Deputi Gubernur BI Muliaman D. Hadad saat menghadiri penandatanganan kerja sama tersebut. "Diharapkan stabilitas perekonomian dan integritas sistem keuangan dapat terjaga dengan baik, melalui koordinasi yang erat antara berbagai lembaga/instansi terkait," kata Muliaman.

Kerja sama ini, lanjut Muliaman, merupakan wujud inisiatif dari ketiga lembaga tersebut guna meredam praktik pencucian uang yang telah bersifat multidimensi, yakni hukum, ekonomi dan sosiologi. “Pencucian uang bahkan sudah menjadi isu global, sehingga negara yang tergabung dalam G-20 pun telah mengagendakan pembahasan masalah tersebut,” jelasnya.(ak)