Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BI Rate Ditahan di Level 7,5 Persen



Jakarta, 13/12/2013 MoF (Fiscal) News - Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) sebesar 7,5 persen pada Bulan Desember 2013. Demikian disampaikan Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Difi A. Johansyah pada Kamis (12/12) di Jakarta.


Difi menjelaskan, lending facility rate juga dipertahankan berada di level 7,5 persen, sementara fasilitas simpanan Bank Indonesia (FasBI) rate di posisi 5,75 persen. Menurut DIfi, dipertahankannya BI Rate pada Bulan Desember 2013 ini sejalan dengan upaya pengendalian inflasi sebesar 4,5 persen ±1 persen pada 2014. "Hal ini (dipertahankannya BI rate) dilakukan untuk membuat inflasi terarah di sasaran 4,5 persen plus minus 1 persen di tahun 2014," jelas Difi.


Bauran kebijakan BI, lanjutnya, masih difokuskan untuk pengendalian inflasi serta memastikan berlangsungnya penyesuaian defisit transaksi berjalan pada tingkat yang sustainable. "Dipertahankannya BI Rate juga sejalan dengan pengendalian defisit transaksi berjalan agar turun ke tingkat yang lebih sehat dan berkesinambungan," imbuhnya.


BI optimistis, penguatan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial serta langkah-langkah koordinasi yang solid dengan pemerintah akan mampu mencapai sasaran inflasi dan mendorong tercapainya keseimbangan eksternal dalam mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.(ak)