Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BI Rate Kembali Ditahan di Level 7,5 Persen

Jakarta, 13/02/2014 MoF (Fiscal) News - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuannya pada level 7,5 persen. Hal tersebut disampaikan Gubernur BI Agus Martowardojo selepas Rapat Dewan Gubernur BI di Jakarta, Kamis (13/2).

Selain itu, BI juga mempertahankan suku bunga pinjaman dan deposito tetap pada level 7,5 persen dan 5,75 persen. "Rapat Dewan Gubernur memutuskan untuk mempertahankan level BI rate pada 7,5 persen, berikut dengan Lending Facility 7,5 persen, dan Deposit Facility sebesar 5,75 persen," ungkapnya.

Keputusan ini, lanjutnya, diambil dengan mempertimbangkan evaluasi menyeluruh ekonomi tahun 2013 dan prospek ekonomi tahun 2014-2015. Pihaknya menilai, kebijakan tersebut masih konsisten dengan kebijakan moneter ketat untuk mengarahkan inflasi ke sasaran 3,5 persen hingga 5,5 persen. Adapun sasaran inflasi pada 2015 mendatang adalah sebesar 3 hingga 5 persen. "Kebijakan ini juga masih konsisten untuk menurunkan defisit transaksi berjalan ke tingkat lebih sehat," tandasnya.

Terkait, kerja sama BI dan pemerintah dalam mendorong stabilisasi perekonomian, ia menegaskan bahwa ke depan, BI akan terus mencermati berbagai risiko global dan domestik untuk memastikan stabilitas ekonomi. Selain itu, BI juga akan memperkuat bauran kebijakan makro prudensial, pengendalian inflasi dan perbaikan defisit transaksi berjalan.(ak)