Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BI Rate Naik ke Posisi 7,5 Persen

Jakarta, 12/11/2013 MoF (Fiscal) News – Bank Indonesia (BI) memutuskan kenaikan suku bunga acuan/BI Rate sebesar 25 basis poin menjadi 7,5 persen. Menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Difi A. Johansyah, kebijakan ini ditempuh dengan mempertimbangkan masih besarnya defisit transaksi berjalan di tengah risiko ketidakpastian global yang masih tinggi.


"Kita lebih kepada untuk mengatur current account deficit ke depan," kata Difi saat menyampaikan hasil Rapat Dewan Gubernur BI, pada Selasa (12/11).


Keputusan menaikkan kembali suku bunga acuan ditempuh dalam rangka memastikan defisit transaksi berjalan menurun kepada tingkat yang lebih sehat, dengan inflasi tetap terkendali menuju ke sasaran 4,5±1 persen pada 2014. Ini ditujukan untuk tetap mendukung kesinambungan pertumbuhan ekonomi.


"Ke depan, Bank Indonesia mencermati sejumlah risiko dalam perekonomian global dan nasional serta akan mengoptimalkan bauran kebijakan moneter dan makroprudensial," jelasnya. BI juga akan terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah, khususnya dalam pengendalian inflasi dan defisit transaksi berjalan, termasuk kebijakan-kebijakan untuk memperbaiki kondisi struktural ekonomi. (ak)