Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BI Rate Tetap 7,50 Persen

Jakarta, 09/05/2014 MoF (Fiscal) News - Suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) pada Mei 2014 diputuskan tetap pada level 7,50 persen. Hal tersebut diputuskan dalam  Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI  yang berlangsung pada Kamis (8/5).

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara mengatakan, suku bunga lending facility dan suku bunga deposit facility juga tetap berada di level 7,50 persen dan 5,75 persen. Kebijakan tersebut masih konsisten dengan upaya untuk mengarahkan inflasi menuju ke sasaran 4,5 plus minus 1 persen pada 2014 dan 4,0 plus minus 1 persen pada 2015, serta menurunkan defisit transaksi berjalan ke tingkat yang lebih sehat.

"BI menilai respons kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dan Pemerintah dapat mengarahkan penyesuaian ekonomi pada triwulan I-2014 dan April 2014 tetap terkendali," jelasnya. Hal ini ia ungkapkan mengacu pada inflasi yang masih berada dalam tren menurun dan defisit transaksi berjalan yang mengecil. Permintaan domestik juga tetap terkelola dengan baik, meskipun pertumbuhan ekonomi pada triwulan I-2014 menurun dan tercatat lebih rendah dari perkiraan akibat kontraksi pada ekspor riil, terutama komoditas pertambangan.

Tren berlanjutnya penurunan tekanan inflasi pada April 2014 juga didorong oleh koreksi harga pangan yang tajam, terutama pada beras dan aneka hortikultura, seiring dengan tingginya pasokan domestik terkait datangnya musim panen. Selain itu, inflasi inti tetap terkendali seiring moderasi permintaan domestik, minimalnya tekanan harga dari eksternal, serta ekspektasi inflasi yang tetap terjaga. Ia mengatakan, BI akan tetap mencermati sejumlah risiko inflasi, termasuk potensi tekanan penyesuaian administered prices dan potensi peningkatan harga pangan terkait dampak El Nino yang menyebabkan musim kemarau di beberapa daerah.(ak)