Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BI Sambut Baik Deflasi September

Jakarta, 02/10/2013 MoF (Fiscal) News - Bank Indonesia (BI) menyambut baik redanya tekanan inflasi di mana September mencatat deflasi 0,35 % (mtm) atau 8,40 % (yoy). Nilai deflasi ini jauh besar dari perkiraan Survei Pemantauan Harga (SPH) BI dan lebih rendah dari perkiraan inflasi oleh para analis. Menurut Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Difi A. Johansyah, salah satu penyebabnya adalah panen di beberapa holtikultura.

“Karena panen beberapa komoditas hortikultura, terutama bawang merah dan cabai, menyebabkan koreksi harga pangan tercatat cukup dalam,” katanya seperti dilansir melalui laman bi.go.id pada Selasa (2/10). Selain itu, harga daging sapi juga mulai turun sehingga kelompok volatile food dapat mencatat deflasi 3,38 % (mtm).

Tekanan inflasi pada kelompok inti dan administered prices juga mereda, di mana masing-masing mencapai 0,57 % (mtm) dan 0,34 % (mtm). “Seiring meredanya dampak kenaikan harga BBM dan koreksi harga paska Lebaran,” papar Difi. Terkendalinya harga-harga tersebut sejalan dengan perkiraan BI, bahwa inflasi akan sangat rendah dan kembali ke pola normal mulai September dan bulan-bulan ke depan. (fin)