Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BI: September Berpotensi Deflasi

Jakarta, 23/09/2013 MoF (Fiscal) News – Bank Indonesia (BI) menilai, Bulan September ini laju inflasi sudah mengarah pada pola historis, sehingga potensi terjadinya deflasi pada bulan ini berpeluang cukup besar. Demikian disampaikan Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo di Jakarta, Jumat (20/9).

Ia menambahkan, pada Bulan September ini laju inflasi sudah mulai terkendali, sehingga upaya menjaga stabilitas nilai tukar rupiah dapat tetap terjaga dan mencerminkan fundamental ekonomi Indonesia. “Ini terjadi dan menunjukkan bahwa kita bisa menangani kondisi tersebut,” terangnya.

Menurutnya, situasi yang lebih baik lagi terkait dengan usaha untuk menekan laju inflasi ditunjukkan oleh adanya persamaan persepsi antara pemerintah dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). “Kemarin kami di DPR untuk membahas asumsi RAPBN (Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) 2014, diskusi dengan DPR kelihatannya antara DPR dan pemerintah sudah mulai ada kesamaan, ini langkah yang baik di fiskal,” terangnya.

Untuk menekan laju inflasi yang terjadi dalam beberapa bulan terakhir, menurutnya, pemerintah dan bank sentral harus fokus di area sektor riil. “Di area real sector memang suatu area yang harus ditangani,” pungkasnya.(ans)