Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

B.J. Habibie Minta Pemerintah Genjot Produksi Dalam Negeri

Jakarta, 27/08/2013 MoF (Fiscal) News - Mantan Presiden Republik Indonesia Baharuddin Jusuf Habibie meminta pemerintah untuk menggenjot produksi dalam negeri dengan bahan baku lokal.

Hal ini penting, mengingat pelemahan nilai tukar akan mengerek laju inflasi akibat harga impor yang meningkat. "Satu yang harus diperhatikan, kita harus cermat dan rupiah harus jadi mata uang dengan kualitas tinggi. Itu artinya bukan hanya nilainya, tapi juga harus konstan, jadi bisa diperhitungkan atau predictable," ujarnya di Jakarta, Senin (26/8).

Menurutnya, jika rupiah terdepresiasi, hal tersebut sebenarnya dapat dimanfaatkan dan berpotensi menguntungkan produsen dalam negeri. "Kalau produksi dalam negeri bahan bakunya semua di sini, dan dapat nilai tambah, itu akan meningkatkan produksi dalam negeri," tuturnya.

Pihaknya meyakini, pemerintah dengan sumber daya manusia yang lebih baik saat ini dapat memikirkan jalan keluar yang lebih baik untuk mewujudkan hal tersebut. "Pokoknya saya yakin generasi sekarang ini baik di DPR, kabinet, maupun yang di masyarakat lebih bijaksana dan pintar, well informed pendidikannya," pungkasnya.(ans)