Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN

BKF dan FEKK UGM Gelar Seminar Peran Sektor Keuangan dalam Pembangunan

Yogyakarta, 24/10/2016 Kemenkeu - Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan bekerja sama dengan Forum Ekonom Kementerian Keuangan (FEKK) Universitas Gadjah Mada (UGM) menyelenggarakan seminar Preheating International Forum on Economic Development and Public Policy "Unlocking Public and Private Investment: Role of Financial Sector" pada Jumat (21/10).

Seminar yang digelar di Auditorium Mubyarto, Magister Ekonomika Pembangunan UGM, Yogyakarta tersebut merupakan rangkaian kegiatan International Forum on Economic Development and Public Policy, yang akan diselenggarakan pada 8-9 Desember 2016 di Nusa Dua, Bali.

Topik bahasan utama dalam seminar ini yaitu Peningkatan Sumber Pendanaan Non Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) bagi Pembangunan: Isu, Tantangan, dan Strategi. Seminar diawali dengan sambutan oleh Dosen FEB UGM Prof. Dr. Abdul Halim, dilanjutkan dengan pemaparan oleh para narasumber. Ketiga narasumber tersebut yaitu Peneliti senior BKF Dr. Yoopie Abimanyu, Dosen FEB UGM Prof. Wihana Kirana Jaya dan Kepala Bappeda Yogyakarta Tavip Agus Rayanto, M.Si.

Beberapa kesimpulan seminar ini yaitu pertama, perlunya peran sektor keuangan dalam mendorong pertumbuhan, khususnya untuk pembiayaan pembangunan. Kedua, kultur masyarakat yang enggan mengambil risiko dalam berinvestasi menjadi salah satu hambatan untuk maju. Oleh karena itu, pemerintah perlu menumbuhkan kepercayaan (trust), sehingga masyarakat lebih berani mengambil risiko.

Pada saat penutupan, Kepala Kantor Wilayah Direktur Jenderal Perbendaharaan Yogyakarta Ludiro berpesan, masyarakat yang akan berinvestasi di daerah hendaknya tetap memperhatikan kaum marginal. "Intinya pembangunan jangan sampai lebih memarginalkan lagi sebagian penduduk (yang kurang terdidik)," jelasnya.(ath)