Jl. Dr.Wahidin Raya No 1 Jakarta 10710
134 ID | EN
ilustrasi

BKPM Promosikan KPBU melalui Market Sounding

Jakarta, 11/08/2017 Kemenkeu - Badan Koordinator Penanaman Modal (BKPM) mempromosikan proyek-proyek infrastruktur yang ditawarkan kepada badan usaha melalui Market Sounding dalam rangka merealisasikan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). Salah satunya ialah pengembangan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Pirngadi Kota Medan. Di samping mempromosikan proyek infrastruktur, dalam kegiatan ini pula disampaikan kebijakan-kebijakan terbaru dalam rangka percepatan pembangunan infrastruktur.

Deputi Bidang Perencanaan Penanaman Modal Tamba P. Hutapea menyatakan bahwa kegiatan Market Sounding ini dilaksanakan oleh BKPM sebagai salah satu kegiatan dari Kantor Bersama KPBU yang telah dibentuk pada bulan Februari 2017 yang lalu.

"Ketersediaan infrastruktur yang memadai akan menstimulasi pertumbuhan ekonomi dan mendukung peningkatan investasi, baik Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN), Penanaman Modal Asing (PMA) maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), dan Koperasi. Pengembangan potensi pembiayaan pembangunan infrastruktur dilakukan dengan meningkatkan pemanfaatan skema Kerja KPBU," ujarnya saat membuka kegiatan Market Sounding di kantor BKPM, Rabu (09/08).

Dikutip dari situs BKPM, Kantor Bersama KPBU ini memiliki empat fungsi utama, yaitu sebagai: (i) Pusat informasi terpadu mengenai proyek KPBU, (ii) Sarana penguatan kapasitas aparatur negara dalam hal KPBU, (iii) Pusat pelayanan dan pendampingan proyek KPBU, serta (iv) Pusat koordinasi antara simpul-simpul KPBU di masingmasing kementerian dan lembaga. BKPM sendiri memiliki tugas melakukan kegiatan Market Sounding serta Pelayanan Perizinan dan Non Perizinan di bidang Penanaman Modal. (nr/rsa)